Pengertian Internet Service Provider, Fungsi dan Cara Kerjanya. Mulai dari komunikasi jarak jauh, jualan online, menjadi virtual celebs, dan lain-lain. Namun, apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana Anda bisa tersambung ke koneksi Internet?

Secara umum, tugas Internet Service Provider atau yang disingkat ISP adalah memberikan layanan koneksi internet kepada konsumen. Namun sebenarnya tugas ISP tidak terbatas itu saja.

Sejak hadirnya internet di tengah kehidupan manusia, kehidupan menjadi lebih praktis dan mudah. Hal-hal yang tadinya terasa sulit sekarang bisa dilakukan dengan mudah.

Pengertian Internet Service Provider, Fungsi dan Cara Kerjanya

Nah, disitulah ISP banyak berperan. Pendek kata, ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider. Internet memang bisa membantu manusia dalam banyak hal jika digunakan secara bijak, tetapi bisa merugikan jika disalahgunakan.

Perkembangan teknologi internet lewat hadirnya ISP membawa banyak perubahan pada dunia, sudah tahukah anda apa itu ISP? Untuk bisa mengakses internet Anda perlu terhubung ke jaringan, makanya Anda perlu mendapatkan layanan dari ISP atau Internet Service Provider.

Pada artikel kali ini kami akan membahas dengan lengkap apa itu ISP, fungsi, dan juga cara kerjanya. Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian Internet Service Provider, Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian ISP

Dalam bahasa Indonesia, istilah Internet Service Provider atau ISP ini biasanya dikenal dengan istilah PIJI atau Penyelenggara Jasa Internet.

Sesuai dengan namanya, ISP adalah perusahan yang menyediakan layanan internet kepada kliennya. Layanan ini bisa berupa koneksi internet, internet transit, dan lain sebagainya.

Biasanya, ISP adalah perusahaan kabel atau telepon seluler yang menawarkan layanan internet subscription beserta dengan TV kabel dan juga telepon seluler.

Jaringan yang ditawarkan oleh perusahaan ISP biasanya mencakup koneksi domestik dan internasional. Karena itu, pengguna ISP bisa dengan mudah terhubung ke jaringan global.

Baca Yuk :  Risiko Pencurian Data Lewat WiFi Pribadi di Rumah

Tentunya, jaringan ISP tidak bisa didapatkan secara gratis. Anda diharuskan untuk membayar setiap bulannya untuk bisa menikmati koneksi internet dengan kuota yang ditentukan oleh provider. Tanpa adanya perusahaan ISP, Anda tidak akan bisa mengakses internet melalui perangkat elektronik apapun.

Untuk saat ini, ada lebih dari seratus ISP resmi yang memperoleh izin dari KOMINFO Indonesia tergabung pada organisasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Pengertian Internet Service Provider, Fungsi dan Cara Kerjanya

Jenis-Jenis Layanan ISP (Internet Service Provider)

Nah setelah mengetahui pengertian dari ISP, sekarang saatnya Anda mempelajari berbagai jenis layanan ISP yang ada! Berikut adalah beberapa jenis layanan ISP:

  1. Dial-Up Connection —  dimana pengguna dikenakan biaya sesuai dengan waktu terhubung dengan koneksi internet, umumnya dial-up connection menggunakan modem dan kabel telepon untuk bisa terhubung ke internet.
  2. Dedicated Connection — dimana internet tersedia selama 24 jam penuh, umumnya koneksi ini digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan koneksi internet yang kuat untuk bisa beroperasi dengan lancar.
  3. Internet Hotspot — layanan internet yang tidak membutuhkan kabel dial-up untuk melakukan koneksi, biasanya jenis layanan ISP yang satu ini digunakan pada tempat umum seperti kafe, bandara dan lain-lainya.
  4. Wireless Connection — jenis layanan ISP yang tidak membutuhkan kabel untuk melakukan sebuah koneksi, nantinya Anda akan dikenakan tarif pemakaian internet setiap bulannya. Jenis ini biasanya lebih praktis dan efisien.
  5. Internet Mobile Access —  layanan internet diperuntukan bagi para pengguna smartphone untuk dapat mengakses internet dari ponsel mereka, jenis layanan ini menggunakan sim card ponsel yang mendukung GSM maupun CDMA.

Fungsi ISP

Secara singkat, fungsi dari ISP adalah untuk mendistribusikan jaringan koneksi sehingga klien dan pengguna bisa mengakses segala informasi yang ada pada internet.

Namun sebenarnya ISP juga mempunyai beberapa fungsi lainnya seperti:

  • Menyambungkan klien atau pengguna layanan mereka ke gateway internet terdekat.
  • Penyedia perangkat modem dan antena yang digunakan untuk koneksi internet berjenis dial-up connection.
  • Melakukan pembatasan akses dan juga kuota internet bagi beberapa user.
  • Mempermudah akses internet bagi user di seluruh penjuru Indonesia.
  • Memajukan teknologi internet dan akses internet untuk daerah-daerah terpencil yang ada di Indonesia.
  • Memungkinkan klien untuk melakukan komunikasi online berupa suara maupun surat elektronik.
Baca Yuk :  Tips Mudah Cara Mempercepat Koneksi WiFi di HP Android dan iPhone

Pengertian Internet Service Provider, Fungsi dan Cara Kerjanya

Cara Kerja ISP

Setelah mengetahui pengertian, jenis, dan fungsi dari ISP, tentunya Anda juga harus tahu bagaimana cara kerja internet service provider ini.

Sebenarnya, cara kerja ISP tergolong cukup sederhana. Penyedia internet hanya tinggal menunggu pengguna jasa internet untuk mengirim permintaan koneksi dan akses.

Selanjutnya, internet provider akan melakukan routing jaringannya ke perangkat yang digunakan oleh pengguna layanan tersebut.

Perangkat ini bisa berupa access point, modem, desktop maupun smartphone. Setelah proses routing jaringan ini selesai, pengguna bisa langsung menggunakan dan menikmati akses internet sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan untuk fungsi ISP secara detail sebagai berikut ini.

  • Menjadi media yang membantu pengguna internet dalam melakukan aktivitas upload dan download dari internet
  • Menyediakan layanan jasa koneksi internet kepada masyarakat luas
  • Menyediakan tempat untuk homepage
  • Menghubungkan pengguna jasa internet kepada gateway internet terdekat
  • Menghubungkan pengguna internet kepada layanan informasi yang tersedia di World Wide Web atau WWW
  • Menyediakan berbagai perangkat modem untuk bisa terhubung dengan jaringan internet

Pengertian Internet Service Provider, Fungsi dan Cara Kerjanya

Contoh Internet Service Provider

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, hingga kini di Indonesia sudah ada banyak perusahaan ISP yang terdaftar.

Berikut adalah beberapa internet service provider Indonesia yang mungkin pernah Anda temui sehari-hari:

  1. Indihome — salah satu internet provider terpopuler dari Telkom Indonesia, Indihome menawarkan banyak jenis layanan seperti koneksi wifi rumah, telepon kabel, sampai tv kabel.
  2. IM2 — internet provider yang berasal dari PT Indosat, jasa layanan yang ditawarkan oleh IM2 adalah koneksi internet keperluan pribadi atau komersial.
  3. Centrin — layanan internet provider dengan akses internet yang cepat dan stabil dengan fitur-fitur yang canggih seperti koneksi fiber optic dan 24/7 support.
  4. First Media — perusahaan ISP yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu pelopor internet cepat Indonesia,  harga dan layanan yang ditawarkan hampir sama dengan provider Indihome.
  5. Astinet — access service dedicated to internet atau Astinet adalah layanan yang berasal dari perusahaan Telkom Indonesia, biasanya digunakan untuk penggunaan internet skala besar.
Baca Yuk :  Jaringan Internet Gangguan di Papua Sejak 4 Januari 2024

Penutup

Pendek kata, ISP adalah perusahaan penyedia layanan internet yang memungkinkan Anda untuk mengakses internet melalui jaringan domestik dan juga global.

Pada artikel kali ini kami telah membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang ISP atau internet service provider. Mulai dari pengertian, jenis, fungsi, cara kerja, dan juga contohnya.

Sebagai pengguna aktif internet, mempelajari apa itu ISP adalah salah satu hal yang sebaiknya dilakukan untuk lebih memahami seluk beluk internet.

Tentunya, pilihan ISP tergantung pada kebutuhan masing-masing pengguna. Tapi jangan khawatir! Dengan banyaknya ISP di Indonesia, pasti Anda bisa menemukan yang paling cocok.

Pengertian Internet Service Provider, Fungsi dan Cara Kerjanya

Sumber :