Pengertian Router, Apa Fungsi Router? Bagaimana Kerja Router? Apa Saja Jenis Router? Saat ini, router merupakan perangkat yang penting di kantor, kafe, atau rumah. Dengan router, Anda bisa membuat jaringan WiFi sendiri. Perangkat yang membutuhkan koneksi internet, seperti: laptop, smartphone, dan tablet bisa menjalankan fungsinya secara optimal.

Tanpa router, pengguna kemungkinan besar tidak bisa mengakses internet dan menikmati aneka konten atau layanan yang ada di dalamnya.

Router adalah salah satu perangkat penting yang bisa menyambungkan berbagai perangkat elektronik yang dimiliki pengguna dengan koneksi internet.

Pengertian Router, Apa Fungsi Router? Bagaimana Kerja Router? Apa Saja Jenis Router?

Lantas, apa itu router? Bagaimana cara kerjanya dan apa bedanya dengan modem selaku perangkat yang juga berhubungan dengan internet?

Pengertian router

Router adalah sebuah perangkat jaringan (networking device) yang bekerja dengan cara menghubungkan berbagai perangkat, seperti smartphone, laptop, tablet, dan lain sebagainya dengan layanan internet.

Router adalah perangkat yang memungkinkan beberapa perangkat bisa terhubung ke internet. Selain itu, Fungsi router yang lainnya adalah mengelola lalu lintas antar jaringan dengan meneruskan paket data ke alamat IP yang dituju.

Jika dibayangkan, router bakal menjadi sebuah “jembatan” untuk menyalurkan jaringan internet ke berbagai perangkat yang tersambung dengannya.

Selain menjembatani berbagai perangkat, router juga berperan sebagai perangkat yang bisa mengelola jenis data yang dikirimkan (upload) atau diterima (download), lengkap dengan aneka informasi pendukungnya seperti jenis hingga ukuran data tersebut.

Data ini lantas bakal diatur oleh router dan ditransmisikan ke perangkat yang membutuhkan.

Pengertian Router, Apa Fungsi Router? Bagaimana Kerja Router? Apa Saja Jenis Router?

Cara kerja router

Router bisa diibaratkan sebagai seorang Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA). Tugas PPKA adalah mengatur lalu lintas kereta supaya berjalan dengan lancar sesuai jadwal dan tujuannya, tanpa ada hambatan atau kecelakaan.

Nah, cara kerja router juga seperti itu. Perangkat tersebut bakal mengatur paket data dari internet, baik itu yang di-download atau di-upload, dan mengirimkannya dengan “selamat” ke perangkat tujuan.

Jika PPKA mengatur kereta supaya sampai stasiun tujuan, maka router bakal mengirimkan data dari internet ke perangkat tujuan melalui alamat IP atau IP address yang dimiliki perangkat, supaya tidak salah kirim.

Baca Yuk :  Hardware Untuk Mengakses Internet di Jaringan Komputer Serta Fungsinya

Adapun IP address biasanya bakal ditentukan router ketika suatu perangkat terhubung untuk pertama kalinya dengan sebuah router.

Pengertian Router, Apa Fungsi Router? Bagaimana Kerja Router? Apa Saja Jenis Router?

Fungsi Router

1. Menghubungkan Perangkat ke Internet

Fungsi Router paling utama adalah untuk menghubungkan perangkat ke jaringan internet. Khusus untuk router WiFi, router ini bisa mengirimkan paket data atau internet dari modem ke perangkat melalui IP Adress. Dengan begitu, perangkat yang terhubung bisa mengakses internet.

Router bisa mendistribusikan data internet ke masing-masing perangkat atau gadget. Saat ini ada banyak jenis perangkat yang bisa Anda hubungkan ke router, misalnya: laptop, PC, smartphone, tablet, hingga smart tv.

2. Menyebarkan Sinyal WiFi

Router bertugas untuk mengubah sinyal dari modem menjadi sinyal radio WiFi. Inilah fungsi dari router, yaitu untuk menyalurkan akses internet ke seluruh area ruangan. Dengan begitu, setiap perangkat yang membutuhkan WiFi bisa mengakses internet melalui sinyal nirkabel WiFi.

Untuk bangunan yang luas atau memiliki dua lantai, biasanya ada dua router yang dipasang. Tujuannya agar penyebaran sinyal WiFi lebih merata. Jika tidak begitu, akan banyak ditemukan sudut-sudut ruangan yang tidak terjangkau sinyal WiFi (Blank Spot).

3. Menghubungkan Beberapa Perangkat

Router dapat mentransmisikan data dari satu jaringan ke jaringan lain. Cara kerjanya seperti bridge sehingga setiap perangkat yang terhubung bisa saling berkomunikasi. Router dapat menghubungkan perangkat dengan dua jaringan yang berbeda.

Contohnya, router wireless bisa mengkoneksikan laptop dengan sinyal radio atau kabel UTP (Unshielded Twisted Pair). Dengan begini, Anda bisa hubungkan router ke banyak jenis perangkat.

4. Menghubungkan Jaringan ke DSL

Fungsi Router yang terakhir adalah sebagai penghubung antara jaringan dengan DSL (Digital Subscriber Line) atau DSL Router. DSL Router berfungsi sebagai firewall untuk melindungi data dan mencegah ancaman siber yang ditimbulkan dari jaringan internet.

Fungsi ini membuat router bisa memblokir lalu lintas data yang mencurigakan. Intinya, Anda bisa memblock IP Address dengan router. Selain itu, DSL juga bisa mencegah broad cast storm yang menyebabkan kinerja jaringan melambat.

Baca Yuk :  Fungsi Tower BTS (Base Transceiver Station) 4G, Kenali Jenis dan Komponennya

Pengertian Router, Apa Fungsi Router? Bagaimana Kerja Router? Apa Saja Jenis Router?

Jenis-jenis router

Meski memiliki fungsi utama menghubungkan perangkat-perangkat dengan internet, router sejatinya terdiri dari beberapa jenis, yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda sesuai skala penggunanya.

Jenis-jenis router yang ada saat ini dan bisa dibilang populer di kalangan pengguna adalah sebagai berikut:

  1. Core router: router dengan bandwidth besar yang biasanya dipakai perusahaan-perusahaan besar. Router jenis ini biasanya digunakan untuk menyambungkan berbagai perangkat dalam sebuah perusahaan yang terhubung dalam satu jaringan internet.
  2. Edge router: router yang bisa menjembatani jaringan internal atau lokal (Local Area Network/LAN) dengan jarinan eksternal yang lebih luas (Wide Area Network/WAN) dan internet.
  3. Distribution router: router yang berfungsi untuk mendistribusikan data dari edge router menggunakan kabel. Lalu, data-data tersebut biasanya ditransmisikan ke perangkat pengguna melalui WiFi.
  4. Wireless router: router yang biasa dipakai pengguna internet rumahan untuk menyambungkan perangkat-perangkatnya dengan internet secara nirkabel (WiFi).
  5. Wired router: router yang biasa dipakai pengguna internet rumahan untuk menyambungkan perangkat-perangkatnya dengan internet menggunakan kabel LAN/Ethernet.
  6. Virtual router: router virtual yang biasanya berupa software untuk menyediakan jaringan di suatu layanan internet berbasis cloud.

Pengertian Router, Apa Fungsi Router? Bagaimana Kerja Router? Apa Saja Jenis Router?

Perbedaan Router dan Modem

Banyak penyedia layanan internet (ISP) menggabungkan router dan modem dalam satu perangkat. Meski begitu, keduanya punya fungsi berbeda. Router bertugas mengelola aliran data di dalam jaringan. Sementara itu, modem menghubungkan jaringan ke internet.

Modem menghubungkan Anda ke internet dengan cara mengubah sinyal dari ISP menjadi sinyal digital. Modem hanya dapat dihubungkan ke satu perangkat. Namun router bisa mendistribusikan sinyal dari modem agar bisa terhubung ke banyak perangkat.

Misalnya Pak Budi memiliki router tapi tidak punya modem. Maka ia dapat membuat jaringan LAN dan mengirim data antar perangkat di dalam jaringan tersebut. Akan tetapi, ia tidak bisa terhubung ke internet.

Sementara itu, Ibu Siti punya modem tapi tidak punya router. Jadi ia hanya bisa menghubungkan satu perangkat ke internet, tapi tidak bisa mendistribusikan koneksi internet tersebut ke banyak perangkat.

Baca Yuk :  Pengertian Perangkat FTTH ( Fiber To The Home)

Sedangkan, Sarah punya modem dan router. Dengan menggunakan keduanya, ia bisa membuat jaringan LAN atau WiFi yang memungkinkan setiap perangkat bisa saling terhubung. Setiap perangkat juga bisa terhubung ke internet secara bersamaan.

Salah satu perbedaan router dan modem terletak di konektor (port) Ethernet yang dimiliki masing-masing perangkat. Perbedaan selengkapnya adalah sebagai berikut:

Modem

  • Memiliki port ethernet lebih sedikit dibanding router
  • Memiliki public IP Address
  • Menggunakan jaringan area luas (WAN)

Router

  • Memiliki port ethernet yang lebih banyak dibanding modem karena menghubungkan lebih banyak perangkat ke internet
  • Memiliki IP Address privat
  • Mendistribusikan di jaringan area lokal (LAN)

Adapun perbedaan kelebihan dan kekurangan dari modem dan router adalah sebagai berikut:

Modem Router
Kelebihan – Terhubung ke ISP
– Kompatibel secara khusus dengan ISP
– Mengubah sinyal dari ISP menjadi sinyal universal yang dapat digunakan komputer
– Bisa membuat jaringan lokal (LAN)
– Menyalurkan dan membagi koneksi internet ke beberapa perangkat sekaligus
– Hosting WiFi
– Menjalankan firewall
– Dapat terhubung ke VPN
Kekurangan – Tidak dapat membuat jaringan lokal
– Tidak memancarkan WiFi
– Tidak dapat terhubung ke banyak perangkat
– Tidak dapat terhubung langsung ke internet
– Tidak memecahkan kode sinyal dari ISP

Nah itulah pengertian, fungsi, cara kerja, dan jenis router. Fungsi router saat ini sangat penting. Karena hampir semua perangkat dan gadget butuh terhubung ke internet. Dengan bantuan router Anda bisa menghubungkan semua perangkat di rumah atau kantor ke jaringan internet secara nirkabel, atau kabel.

Pengertian Router, Apa Fungsi Router? Bagaimana Kerja Router? Apa Saja Jenis Router?

Sumber :

  1. https://tekno.kompas.com/
  2. https://www.bhinneka.com/