Mengenal Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya. Sebuah jaringan komputer bisa beroperasi dengan didukung oleh software dan hardware. Pada artikel ini, kami akan sedikit membahas perangkat keras apa saja yang ada dalam jaringan komputer.

Sekarang, telah banyak dikembangkannya berbagai macam perangkat jaringan komputer untuk membantu dan mengoptimalkan kinerja sistem jaringan. Berikut ini merupakan beberapa macam perangkat yang sering Anda jumpai dan Anda gunakan.

Perangkat Keras Jaringan Komputer adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer dalam jaringan komputer agar setiap komputer yang terhubung dapat saling berbagi data, file, dan sumber daya lainnya. Seperti hal nya perangkat keras jaringan komputer dan fungsinya berbeda-beda.

Mengenal Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

Manfaat Jaringan Komputer

Berikut ini merupakan beberapa manfaat jaringan komputer dalam kehidupan sehari – hari.

1. Untuk berbagi dokumen

Manfaat yang pertama digunakan sebagai media untuk membagikan dokumen yang anda miliki kepada perangkat komputer lain dengan menggunakan jaringan internet. Anda dapat membagikan dokumen menggunakan kabel data maupun nirkabel.

2. Untuk menjaga dan memanajemen keamanan data

Data akan semakin baik jika disimpan secara lebih terpusat. Selain itu, jaringan juga bermanfaat untuk memudahkan administrator dalam melakukan manajemen data perusahaan yang penting. Dengan memanfaatkan shared server, maka setiap karyawan mampu untuk mencari data secara cepat dan efisien.

3. Memudahkan dalam berkomunikasi

Jaringan komputer juga sangat memudahkan untuk melakukan komunikasi antar tim maupun dengan orang lain yang berbeda geografis secara cepat dan akurat. Dengan berkomunikasi secara tepat, maka dapat membantu dalam mengatasi setiap permasalahan yang mungkin terjadi dalam perusahaan.

4. Menyampaikan informasi secara cepat

Dengan bantuan jarkom, proses penyampaian informasi menjadi lebih cepat tanpa batasan waktu dan tempat. Anda dapat membaca setiap informasi dari berbagai penjuru dunia.

5. Membantu aktivitas manusia

Dan manfaat jaringan komputer terakhir adalah membantu setiap kegiatan manusia agar lebih efektif dan efisien. Dengan adanya jaringan yang baik maka setiap aktivitas baik di dalam kantor maupun di luar kantor dapat terhubung dengan baik.

Dampak Negatif

Selain manfaat yang dihasilkan dari adanya jaringan komputer itu sendiri, juga terdapat dampak negatif dari beberapa hal yang akan kami jelaskan berikut ini.

Baca Yuk :  Pengertian Internet Menurut Ahli

1. Biaya Network

Untuk dapat menggunakan jaringan dengan baik, maka anda juga perlu untuk mempersiapkan setiap kebutuhannya, mulai dari software, hardware, serta investasi perencanaan network design -nya.

2. Biaya Manajemen dan Maintenance

Untuk pengelolaan manajemen dan perawatan jaringan juga perlu diperhatikan secara berkala oleh tim IT profesional. Sehingga, menurunkan kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan pada perangkat lunak maupun keras.

3. Aktivitas Sharing yang tidak Diinginkan

Dampak negatif yang ketiga, dengan adanya lalu lintas jaringan yang tidak terkontrol dengan baik, maka memperbesar risiko dokumen (file) yang di –sharing terinfeksi virus atau spam pada komputer.

4. Ancaman Keamanan Jaringan (Network Security)

Dengan kemudahan proses komunikasi yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun secara real – time, tentu saja juga meningkatkan risiko munculnya masalah yang lain. Misalnya, penyebaran konten ilegal, pencurian data, hingga masalah keamanan informasi yang lainnya.

Mengenal Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

Berikut ini 12 perangkat keras jaringan komputer dan fungsinya:

1. Modem

Modem (Modulator Demodulator) merupakan perangkat yang menghubungkan kita ke internet. Perangkat ini berfungsi mengubah sinyal Analog menjadi sinyal Digital. Modem mengganti sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog ketika melewati medium seperti saluran telepon, kemudian modem merubah kembali sinya tersebut menjadi sinya digital saat menuju komputer tujuan. Hal ini dilakukan agar bisa dipahami oleh komputer.

2. Kabel Jaringan

Kabel jaringan merupakan peralatan yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan komputer atau komputer dengan perangkat jaringan lainnya. Berikut adalah jenis-jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer.

  • Twisted Pair (UTP dan STP)
  • Coaxial
  • Fiber Optic

3. Network Interface Card (NIC)

Perangkat keras jaringan komputer yang satu ini dikenal dengan istilah Ethernet Card atau lebih populer dengan istilah LAN Card. Adalah kartu jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antar komputer dengan sebuah jaringan. Umumnya NIC ini sudah terintegrasi dengan motherboard komputer dan laptop, namun ada juga berupa kartu yang ditancapkan ke motherboard. Bahkan seiring dengan maju perkembangan, ada juga yang berupa USB.

4. Konektor

Konektor adalah alat yang menghubungkan kabel dengan network adapter. Coba bayangkan apabila tidak ada konektor, dengan cara bagaimana kabel-kabel jaringan dapat terhubung dengan network adapter atau NIC. Jeni konektor tentunya disesuaikan dengan jenis kabel yang digunakan.

  • Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP
  • Konektor BNC/T digunakan untuk Kabel Coaxial
  • Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic
Baca Yuk :  Risiko Pencurian Data Lewat WiFi Pribadi di Rumah

5. Hub

Hub adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau perangkat lain. Biasanya perangkat keras jaringan ini digunakan untuk membangun topologi bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub.

6. Switch

Sebenarnya fungsi dari switch adalah sama dengan hub. Namun sebenarnya cara kerja switch sedikit lebih rumit bila dibandingkan dengan hub. Switch tidak hanya sekedar mengurusi sinyal listrik tapi juga harus memproses informasi pada lapisan atau layer data link, informasi yang dicek oleh switch adalah alamat MAC address dari setiap perangkat dan komputer yang tersambung dengan dirinya.

7. Repeater

Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen jaringan lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel yang lain.

8. Bridge

Fungsi dari bridge itu sama dengan fungsi repeater tapi bridge lebih fleksibel dan lebih cerdas dari pada repeater. Bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda. Misalnya bridge dapat menghubungkan Ethernet baseband dengan Ethernet broadband.

9. Router

Fungsi utama router adalah sebagai perangkat dalam jarinan komputer yang digunakan sebagai penghubung antara jaringan atau network. Router yang menentukan jalur mana yang terbaik untuk dilewati paket data sehingga data dapat sampai ke tujuannya. Penjelasan lengkap tentang Router

10. Komputer Server

Komputer server merupakan hardware jaringan yang paling penting dalam internet. Server bertugas sebagai pusat semua jaringan komputer dan menyimpan semua data penting. Ketika ada permintaan dari client, server akan mengirimkan data tersebut melalui beberapa hardware dan software jaringan.

Pada umumnya, komputer server bertugas sebagai penyimpan data informasi. Ketika ada permintaan dari client, server akan mengirimkan data yang tersimpan di dalamnya. Semakin baik spesifikasi komputer server, maka semakin besar kapasitas penyimpanannya dan semakin cepat prosesnya.

Baca Yuk :  Menurut Pakar Internet Indonesia Onno W Purbo, Siswa SMKN 1 Solok Selatan Mampu Bangun 4 Server dan Pustaka Digital

Server menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi performa jaringan internet. Oleh karena itu, spesifikasi komputer server harus khusus dan tidak bisa menggunakan komputer biasa yang dipaksakan menjadi server.

Komputer server harus mampu bekerja secara nonstop selama 24 jam, sehingga membutuhkan perngakat khusus. Mulai dari processor, hardisk, RAM, motherboard, power supply dan perangkat server lainnya. Dengan begitu, server dapat melayani request dari client dengan maksimal tanpa terjadi gangguan.

11. Komputer Client

Client adalah komputer yang digunakan oleh pengguna. Client adalah orang-orang yang mengakses data yang tersimpan di server melalui jaringan internet. Jumlah client biasanya terdiri dari beberapa komputer yang terhubung ke server melalui internet.

Jika komputer client tidak terhubung ke server, client tidak akan bisa mengakses data yang tersimpan di server. Tanpa internet, komputer client hanya akan menjadi komputer biasa saja. Untuk terhubung ke jaringan internet, komputer client harus terhubung ke jaringan kabel LAN atau jaringan WiFi.

12. Acces Point

Access point memiliki fungsi untuk mentransmisikan sinyal wireless yang diterima dari router atau kabel jaringan, sehingga sinyal yang diterima oleh client menjadi lebih baik. Access point cocok digunakan di area yang memiliki sinyal yang kurang baik.

Penggunaannya lebih mudah dan settingnya tidak terlalu sulit dibandingkan dengan router. Secara sederhana, access point mirip dengan hub tetapi menggunakan jaringan WiFi. Pins juga bisa menambahkan password untuk setiap user yang ingin terhubung ke jaringan demi keamanan.

Mengenal Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

Itulah 12 perangkat keras jaringan komputer dan fungsinya. Semoga bisa bermanfaat.


SalmaNet adalah salah satu unit usaha yang bergerak di Bidang Internet Service Provider yang dimiliki Oleh PT Raihan Teknologi Pratama. SalmaNet focus menghadirkan Sinyal Internet di Desa-desa yang belum mendapatkan koneksi internet.

Kontak