Simak Pengertian Mikrotik, Fungsi dan Manfaatnya. Meskipun saat ini warnet sudah tidak booming, tetapi teknologi Mikrotik tetap eksis dan dipakai pada perkantoran. Bagi kamu yang belum terlalu paham mengenai apa itu Mikrotik, maka perlu menyimak artikel ini sampai selesai. Informasi yang berkaitan dengan Mikrotik akan dibahas secara singkat, jelas, dan padat di sini.

Dahulu sebelum ada smartphone, banyak sekali tersedia warung internet atau yang biasa disingkat warnet. Layanan internet yang ditawarkan warnet menggunakan teknologi yang disebut Mikrotik. Pemilik warnet dapat mengatur jaringan internet melalui satu buah komputer yang kemudian koneksinya disebar ke komputer lain yang ada di warnet.

Simak Pengertian Mikrotik, Fungsi dan Manfaatnya

Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet.

Apa Itu Mikrotik?

Pengertian Mikrotik dan Fungsinya – Teknologi mikrotik adalah teknologi yang digunakan untuk menyediakan layanan internet dengan menjadikan suatu komputer sebagai router jaringan. Sebagian besar layanan mikrotik ini dipakai oleh perusahaan yang memberikan layanan pembuatan jaringan komputer, baik skala besar atau kecil.

Baca Yuk :  Blank Spot Internet, 46 Desa Wilayah Terluar Bandung Barat Belum Terkoneksi Jaringan Internet

Mikrotik ini memiliki perbedaan dibandingkan dengan sistem operasi jaringan yang lama. Teknologi tersebut memiliki keunggulan dalam fitur wireless, sehingga tidak heran bila teknologi tersebut mampu menjadi perangkat sistem operasi yang ringan. Berkat keunggulan itu juga ada banyak instansi maupun perkantoran yang memanfaatkan mikrotik.

Mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.
Belakangan ini banyak usaha warnet yang menggunakan mikrotik sebagai routernya, dan hasilnya mereka merasa puas dengan apa yang diberikan mikrotik. Terlebih kemajuan dunia wireless yang menyajikan berbagai macam pelayanan mulai melirik benda yang satu ini. Berbagai fitur ditawarkan pada mikrotik diantaranya :
  • Firewall dan NAT
  • Routing – Static routing
  • Data Rate Management
  • Hotspot
  • Point-to-Point tunneling protocols
  • Simple tunnels
  • IPsec
  • Web proxy
  • Caching DNS client
  • DHCP
  • Universal Client
  • VRRP
  • UPnP
  • NTP
  • Monitoring/Accounting
  • SNMP
  • MNDP
  • Tools

Simak Pengertian Mikrotik, Fungsi dan Manfaatnya

Fungsi Mikrotik

Setelah mengetahui pengertian dan sedikit sejarah soal Mikrotik, yuk kita bahas mengenai fungsi Mikrotik. Fungsi-fungsi dan kegunaan Mikrotik adalah:

  1. Konfigurasi jaringan lokal

Pertama, fungsi Mikrotik adalah untuk mengatur dan mengkonfigurasi LAN atau Local Area Network yang menggunakan PC Mikrotik Router OS dan hardware dengan spesifikasi lebih rendah.

  1. Memberikan sistem otentikasi
Baca Yuk :  Kisah Inspirasi Mahasiswa UPI Muhammad Randi Alwi Bangun Jaringan Internet di Area Blank Spot Bandung, Impikan Ada Desa Digital

Fungsi Mikrotik selanjutnya yaitu mampu membantu memblokir situs yang mengandung konten terlarang. Sehingga, dengan digunakannya Mikrotik akan mendukung terciptanya internet positif sebagai langkah awal dalam mengurangi konten tidak sesuai atau tidak senonoh.

  1. Berperan sebagai hotspot

Ketiga, fungsi Mikrotik adalah ia mampu berperan sebagai hotspot, di mana akan sangat memudahkan ketika melakukan konfigurasi dan membagi bandwith di setiap perangkat. Tak hanya itu, Mikrotik juga bisa memisahkan bandwith traffic data lokal dan internasional.

  1. Untuk pengelolaan sistem jaringan internet

Selanjutnya, Mikrotik untuk jaringan internet yang lebih terpusat. Dengan begitu, administrator dapat melakukan pengelolaan dan manajemen data lebih maksimal lagi.

  1. Pembuatan PPPoE server

Fungsi Mikrotik yang terakhir yaitu digunakan untuk perangkat dalam pembuatan PPPoE server.

Manfaat Mikrotik

Berikut apa saja 3 manfaat yang diperoleh dari penggunaan Mikrotik dalam membangun sistem administrasi jaringan secara efisien dan efektif tentunya!

  1. Sebagai Internet Gateway pada jaringan lokal

Kegunaan Mikrotik sebenarnya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menghubungkan beberapa jaringan lokal dengan internet. Selain itu, router mikrotik berperan penting dalam mengatur arus lalu lintas data. Lebih jauh lagi, kegunaan Mikrotik juga sebagai pengatur konten dari internet yang dapat diakses oleh client.

  1. Penghubung Antar Jaringan (Routing)
Baca Yuk :  Rekomendasi Fitur-Fitur Cpanel Yang Sebaiknya Ada Di Hosting

Mikrotik memiliki fitur utama yakni routing. Fungsi dari penerapannya adalah untuk menghubungkan beberapa jaringan serta menentukan jalur mana yang paling baik dan cepat untuk sampai pada computer address yang dituju.

  1. Sebagai Access Point

Mikrotik dilengkapi oleh macam-macam fitur berbasis wireless yang berfungsi sebagai Access Point pada jaringan Wireless Fidelity. Penerapannya dapat kamu temui dalam jaringan publik lokal seperti cafe, sekolah, kantor, kampus maupun jaringan publik lainnya.

Simak Pengertian Mikrotik, Fungsi dan Manfaatnya

Itu tadi penjelasan mengenai pengertian mikrotik, fungsi, manfaat, jenis hingga cara menghubungkannya ke jaringan internet. Mikrotik adalah salah satu perangkat lunak yang sangat penting, khususnya bila kamu ingin membuka sebuah jaringan internet seperti warnet. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!